Cara membuat daftar isi otomatis Dgn MS Word 2007
Sering kali kita mengalami kesulitan saat harus membuat daftar isi. Banyak orang yang belum tahu bahwa MS word, baik 2003 maupun versi 2007 mampu membatu kita membuat daftar isi otomatis. Saya masih teringat saat saya masih membuatnya dengan manual. Repot melihat satu persatu topik dan halamannya. Karena saya tidak teliti, kadang-kadang ada topik yang hilang, ato malah salah halaman. Belum lagi draf makalah kita akan di edit, wah ribet sekali harus susun daftar isi ulang. Bagi anda yang belum tahu kemampuan MS word, mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu menambah kebingungan anda.
1. Buat style dari masing-masing bagian yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi.
a. Bagian judul
– Blok judul
– Atur format huruf sesuai dengan keinginan, seperti ukuran huruf, center, dll => Klik styles pada panah ketiga terbawah.
– Klik save selection as a new quick styles => isi nama stye, contoh: judul
b. Sub bab
Blok sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles =>isi nama stye, contoh: subjudul1
c. Sub sub bab
Blok sub sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles => isi nama stye, contoh: subjudul2
2. Buat semua bagian (judul, sub judul, sub sub judul) sesuai dengan style yang sudah dibuat sebelunnya (poin 1 di atas) misalnya sub judul: rumusan masalah
– Blok sub judul: rumusan masalah
– Begitu juga dengan bagian yang lain. Sampai akhir bab. Disarankan untuk tidak menggunakan nomor otomatis dalam penomoran sub bab ataupun sub sub bab
Bila telah membuat style pada semua bagian, kita sudah bisa membuat daftar isi..
Buat halaman baru di awal, sebagai halaman Daftar Isi:
Page layout => breaks => newpage
Tulis judul daftar isi
buat style untuk daftar isi dgn style yang sesuai, dalam hal ini style judul
Cara membuat daftar isi:
References => table of content => insert table of content => option => isi sesuai dengan bagian style yang ingin kita masukkan ke daftar isi. dalam hal ini contohnya (judul, sub judul, sub sub judul). Isi 1, 2 atau 3 dst sesuai dengan keinginan kita menjorokkan bagian ini. => ok => ok
Langsung jadi daftar isi => edit seperlunya.
3. Bagaimana bila terjadi penambahan sub judul?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan pada daftar isi yang telah jadi => Update field => update entire table => OK
4. Bagaimana bila terjadi perubahan pada nomor halaman ?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan => Update field => update page number only => OK
5. Apa bisa membuat Daftar tabel, Daftar Gambar dll ?
Bisa, prinsipnya bahwa setiap bagian (judul tabel, judul ganbar, judul lampiran) masing-masing harus dibuat style.
Langkah selanjutnya tinggal membuat Halaman Baru (lihat bagian 2) untuk masing-masing Daftar, yang selanjutnya tinggal membuat TOC seperti langkahi bagian 2.
Bila muncul Pesan di bawah, pilih No.
Semoga bermanfaat…
ARTIKEL TERKAIT
Posted on July 1, 2008, in KOMPUTER and tagged aneh, asing, daftar, daftar isi, daftar isi otomatis, halaman, Makalah, microsoft word, ms word, skripsi, table of content, tesis, TOC. Bookmark the permalink. 144 Comments.
Terima kasih sudah berbagi ilmu…..
Thanks Kak,
Sangat berguna banget buatku. .
apalagi sekarang lagi sementara TA (Tugas Akhir a.k.a Skripsi). . .
makasih ilmunya…..sangat bermanfaat.
kebutuhan yang mendasar nih..tapi karena jarang ngulik M.word jadi ga tau caranya
makasih .
sangat berguna buat skripsi nih
kalo cara membuat index pada ms word gimana? khususnya pada word xp?
cara membuat table di microsoftword
makaci bgd….
tertolong bgd bwt tgs di kampus
koq error kyk gini…?
to add or remove item…….
*apply heading style … in home tab.
change the outline level…
NO TABLE OF CONTENTS ENTRIES FOUND….
apa salahnya ya..?
=========================================
pesan itu muncul bila style yang anda gunakan di isi tulisan tidak cocok dengan style yang anda set di wizard table of content. saya yakin ada langkah di atas yang terlewat.
Prinsipnya:
1. Buat style tertentu dari masing-masing item yang akan dimasukkan di daftar isi
2. Saat akan membuat daftar isi, pastikan style yang digunakan tadi, dimasukkan dalam settingan di wizard table of content. maaf kalo masih bingung
cara masukkin ke dalam wizard table of content gimana ya? bingung nih gk bisa2….. pasti ada kata2 NO TABLE OF CONTENTS ENTRIES FOUND.
terima kasih banyak…
Artikel yang menarik semoga sukses untuk anda !!!
GOOD
Numpang nulis, terimakasih tutorialnya!!, untuk membuat penomeran halaman di word 2007, saya sudah membuatnya, mungkin bisa digunakan sebagai tambahan informasi postingan saya di http://shareevhidayat.wordpress.com/2009/03/20/membuat-penomeran-halaman-yang-berbeda-di-ms-word-2007/
makasih ya dah buat blog ne……………dng blog ne anti bisa buat daftar isinya.
thank’s ya…untuk ilmunya
trims bged!!!!!
uw… otsukaresama!
hhmp… pas banget waktu aku mo bikin Karya Tulis…
thank’s a lot…
Hatur nuhun tina sadaya elmuna.Mudah-mudahan manfaat pikeun balarea
ma kasih dah share ilmu. tapi kenapa saya coba g berhasil ya. maksudnya saya tetep g tahu gmn caranya. setelag bikin newpage. trus ngapain. gimana memanggil save style tadi? tolong dijelaskan lagi. maaf saya yang sangat gaptek
Thanks…sangat berguna..bingung dikit sih awalnya..T.O.P deh!
makasih atas ilmunya!
ini sangat berguna sekali
terima kasih, xie2, matur nuwun ya..
walapun skripsi dah kelar thn lalu, tetep aja pengetahuan ini berguna untuk hal2 berikutnya 🙂
itu kalo semua bab dibikin satu file….kalo tiap bab filenya beda bgm caranya
bila maksud anda akan membuat daftar isi dari file2 bab yang terpisah, idu saya tidak tahu. namun, bla maksud anda itu krena filenya terlanjur dipisah dengan alasan berbeda sistem penomoran halaman, maka saya sarankan, semua filenya disatuka dalam satu file. untuk mengatasi permasalahan penomoran halaman yang berbeda, silahkan meluncur artikel saya yang lain:
http://mha5an.wordpress.com/2008/06/29/membuat-nomor-halaman-pertama-beda-dgn-selanjutnya/
Panduan yang sangat bermanfaat TE O PE
LUAR BIASA!!!
makasih kak atas infonya..ini sangat membantu sekali buat laporan-laporan tugas akhir..
arigatho gozaimasta
makasih atas petunjuknya.saya berhari sempat bingung gimana cara bikin daftar isi dengan word 07.
Nanya pak: apa fungsi angka angka pada TOC Level, trus apa bisa bikin daftar isi lain halaman, misl new document yg baru??
====================================================
setahu saya, angka-angka itu menunjukkan penjorokan ke dalam, tepi kiri tiap item dalam Daftar Isi. untuk membuat daftar isi dari file lain, saya belum pernah mencobanya. namun bila dilihat, tampaknya tidak memungkinkan.
Apabila daftar isi yang akan di buat dari file lain itu sebenarnya adalah satu makalah namun beda bab, alangkah baiknya semua file disatukan dalam satu file saja.
untuk kendala pengaturan nomor halaman yg kadang-kadang dituntut harus mendapat perlakuan khusus berupa halaman bab berbeda dengan no.halaman non bab, mjaka sebaiknya anda melihat artikel saya yang lain Membuat Nomor Halaman pertama beda dgn Selanjutnya.
Semoga dapat membantu
Bisa ndak dibuat di file new.. atau dokumen baru daftar isisnya.. punya saya klo dipindah kedokumen baru kusus buat daftar isi kok error bookmark.. gitu. apa mesti satu halaman dengan aslinya..
_____________________________________
tampaknya memang ga bisa. karena setahu saya, ini hanya bisa di pake di satu file. tapi kalo ada yang punya pengetahuan lebih, mohon koreksi saya
terima kasih, kebetulan saya juga lagi mencari cara membuatnya.
sip tak cobanya duluww
Makasih ilmunya
Terima kasih atas infonya, sangat membantu saya. Tapi yg membuat saya bingung, setiap saya update field di daftar isi, bullet & numbering yg menjadi penanda dijudul bab jadi hilang, mohon bantuannya.
|Agus|: maaf saya kurang tau solusi masalah anda. Namun, berdasarkan pengalaman saya, saya tidak menyarankan anda menggunakan bullet & numbering pada judul bab bila kelak anda ingin membuat daftar isi oromatis. Karena kadang2 sistem otomatis dalam bullet and numbering membuat semakin ribet. dan kalau kita ga teliti, seringkli bermasalah.
Moga aja ada solusi yang lebih baik
@all..: maksih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat
terima kasih banyak atas ilmunya…..
Best of The Blog’s…. I like that…. and it,s work…. add fb aku, biar kita bisa share ilmu,,,… and ngehack bugs pastinya…… mantap bro,,, lanjutkan perjalananmu…
Terima kasih sudah mau share
hal ini sangat-sangat membantu
keep posting ya
wah ilmu yang bermanafaat, pahalanya gak putus tuh, coba bayankgkan udah berapa banyak orang gyang tugas2nya terbantu
bravo.. !^^
Mas Hariadi | kalo bermanfaaat ya.. Alhamdulillah.. Semoga aja pada do’ain saya yang baik-baik. Amiin..
terimakasih mas ilmunya. berguna banget..
😉
ijin copas.. 😀
thnx ya atas ilmunya….
makasiiiih yaaa uadh berbagi ilmunyaaaaaaaaaa…..
Thanks atas artikelnya
teriMakasihh,,,,,,
sayangnye aQ tetep keBingungan…..,,,,,
huhhhhhhhhhhhhhhhh………..
telimakasih …
karena anda, aQ menjadi semakin bingung …
Hhhuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh juga dahh …….
izin sedot ilmu oks….
good job 🙂
kok yang muncul tidak semua ya…pada table of contents option apa semua harus diisi TOC levelnya? makasih
______________________
semua yang akan dimasukkan dalam daftar isi, stylenya harus disetting/diisi di TOC level. makasih
pada print preview yang muncul cuma beberapa judul dan sub judul, padahal semua yang judul dan sub judul sudah diberi TOC level, tp jadi menghilang, kesalahannya dimana dan bagaimana cara memperbaikinya? terimakasih sebelumnya………….mohon dibalas
_________________________________
maaf, terlambat menjawab. sejujurnya saya kurang paham maksud mba Siti tentang print preview, apa kalo ga di print preview hasilnya ada trus di preview hasilnya menghilang? klo masalah itu saya kurang paham. maaf. tapi seandainya maksudnya ada sub bab yang ga muncul si TOC, menurut saya, kemungkinan di sub bab tersebut, anda belum mengatur style-nya, coba di cek kembali. karena semua yang stylenya telah dimasukkan dlm settingan TOC harusnya oromatis muncul.
mas terima kasih tutorialnnya,berguna banget mas,
mas kalau file nya berbeda beda misalnya bab1 sama bab yang lainnya misah file gimana yahh.
terima kasih sebelummnya,
______________________________________________
sama-sama, kayaknya ga bisa dah, ato sayanya yg ga tau tekniknya. saya sarankan, filenya digabungkan aja. Bila terkendala dengan aturan nomor halaman, coba lihat artikel saya yang lain tentang menbuat nomor halaman berbeda dari halaman sebelumnya. selamat mencoba
wah terimakasih dok, udah ngasi tutorial yang ke banget
salam hangat^_^
mantap…
maturnuhun..
keep posting
sangat membantu,,,,;)
thank’s atas infonya kang,salam kenal yach……….
Akhirnya ketemu juga disini, terima kasih gan..
Bagaimana mengatasi masalah seperti ini:
BAB I
PENDAHULUAN
ketika saya buat daftar isi dengan menggunakan Table of Contents hasilnya seperti ini :
BAB I…………………………………………………………1
PENDAHULUAN…………………………………………1
bisa g biar hasilnya seperti ini :
BAB I PENDAHULUAN …………………………………1
tanpa harus memodifikasi manual
makasi.
setahu saya, tidak bisa kecuali diedit setalah dibuat daftar isi otomatis
Terima Kasih Inponya…
keep posting…
bagaimana kalo membuat daftar isi dengan file yang terpisah2…?
makasi tutorialnya 🙂
mantab artikelnya
Terimakasih atas tipnya, semoga bermanfaat bagi orang banyak
wah sangat membantu sekali untuk saya yang sedang menyelesaikan tesis 😉
maaf mas TS
saya mau tanya ni
klo cara ngatur halamannya gmn ya??
punya saya halamannya ada 2 digit
contoh:
DAFTAR ISI I
DAFTAR GAMBAR III
DAFTAR TABEL 1-4
1. PENDAHULUAN 1-5
1.1 LATAR BELAKANG 1-5
1.2 PERUMUSAN MASALAH 1-6
1.3 TUJUAN 1-6
ini ane copas dari daftar isi
sampe sekarang saya masih bingung gmn caranya
mohon bantuannya
makasihhh..
tapi belum bisa ya…iya maksudnya ada sub bsb yang tidak muncul di daftar isi
(kalo yg print preview itu dr tampilan table of contents kan ada 2 kotak: print preview dan web preview, tp g ptg sih) intinya tidak semua subbab yang sudah kita beri TOC 1,2,3 muncul di daftar isi…kenapa ya?
atau kalau ditambah sub bab lagi bisa dengan insert….?
bkan kyg gitu caranya, saya saja sudah bisa.
kdang saya salah, tp saya teliti kembali..
coba ajh kmo teliti ulang
trim’s atas tutorialnya…
salam .. matur nuwun untuk infonya ini ….
semangat45
Terimaksih banyak,,,saya sangat terbantu dengan info ini…^_^
bahasa yang digunakan susah untuk di mengeti
iya mas, bahasanya ribet..
maaf
betul bgt mas,, susah kata-katanya..
Tolong agak di permudah lagi donk..
wwwahh…nice infop gan…muaantabbb
Terimakasih infonya sangat menarik, pengen buru-buru jadi penulis ni
nice share
jazakallahukhairan atas infonya…Baarakallahufiikum
aduhh koq gak nemu yah save selection as a new quick styles? aduh pdhal lg urgent niih
Susah bgtt sih pas bagiian table of conten options nya,,apa ada yg harus diklikk? koq gk muncul2 yahh ,,bingung sayaa,
baNg udah aku coba smw urutannya tp kok posisi na pd kebalik ya???Contoh kya gni ne baNg.,
1 ………………. BAB I PENDAHULUAN
2 ……………….. A. Latar Belakang
3 ……………….. B. Tujuan
gmn tu baNg??? mohon bantuane
thnx
baNg udah aku coba smw urutannya tp kok posisi na pd kebalik ya???no. halaman na yg di dpn
Contoh kya gni ne baNg.,
1 ………………. BAB I PENDAHULUAN
2 ……………….. A. Latar Belakang
3 ……………….. B. Tujuan
gmn tu baNg??? mohon bantuane
thnx
saya udah nyoba..tapi kok tteup sulit ya..
ada saran???
aslinya, nambah bingung nih guee
keren bangat….saya dagh nyari lama bangat baru ketemu sekarang
tenqyu boz,,
sangat membantu ..
makasi 🙂
telimakasih …
karena anda, aQ menjadi semakin bingung …
Hhhuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh juga dahh …….
makasi banget infonya.. membantu bgt.. 🙂
terimakasih atas infonya akan aku coba
sip artikelnya
thanks share nya !!
salam kenal…
saya jarang menggunakan word tapi sekarang keadaan memaksa saya untuk menggunakan ward dan saya mempunyai kesulitan pembuatan nomor otomatis untuk penomoran faktur. yang saya inginkan yaitu bila tiap kali saya ngeprint nomor faktur yang tercetak akan bertambah secara otomatis sehingga faktur yang keluar tidak dobel dan saya pernah membaca artikel bahwa pada word bisa dijalankan, tapi saya coba kok belum berhasil.. mungkin mas nya bisa memberi tahu cara yang lebih mudah dan membantu saya dalam menghadapi masalah ini… terima kasih
kak gmn sih biar kta bsa mengusai computer ni ,dan jlskan lah kak cra2 pembuatan daftar isi aq kurang pham .
Sumpah susah 😦
lansung dicoba ke TKP gan…thanks infonya.
makasih 🙂
sangat membantu.! thanx
terimakasih. materinya cukup membantu saya membuat daftar isi
makasi ya atas infonya….walaupun cuma 90% dari harapan saya(sesuai dengan aturan kampus, dan masalah beda page number antara (i) dan (1)…) tapi lumayan lah…jd ga terlalu ribet.tinggal sering latihan bikinnya aja.hehe….
nice article..^^
makasi yaa..sangat berguna sekali buat saya..:)
terima kasih,,
semoga ilmunya bermanfaat………
aku ga komen ah…
aku kan belum mencoba….
HIDUP INDONESIA…..
Terima Kasih Infonya,.
Salam Kenal ajj
By: Dedi Darma Andrians
Fp agroekoteknologi Universitas Brawijaya
dedidarmaandrians.wordpress.com
Thanks artikelnya… lagi pusing bikin daftar isi… heh ketemu dah caranya
matur tengkyu bangets bang…
Terimakasih banyak atas share ilmu nya..sangat bermanfaat.
makasih bged,,. dah share ilmunya.. n nie sangat brmanfaat. awlnya q juga bungung.. tapi stelah baca blog ini aq jadi udah tau..moga2 ilmu yg anda share menjadi pahala yang berlipat ganda. n tntunya sehat selalu. klo gak sehat nanti gak bisa bagi ilmu lagi donk
than’s so much
Kok sub bab n sebagian bab gak muncul ya,padahal di TOC udh ada dan lvelny udh sya isi,tp kok gak muncul smua,tlg pencerahan nya.
maaf, coba deh cek ulang. apakah semua sudah di taq dgn style ttt.
saya curiga bagian yg hulang itu adalab bagian yg belum dimasullin di style
aduuuh.. makasih banget.. untung lagi ngejer waktu nih,,, pas banget info nya.. makasihh
terimakasih atas ilmunya, sangat membantu.
[ASK] KK” Kenapa ya office word 2007 saya tidak bisa insert page number
contoh gambar:
nb:tidak ada opsi (lihat pointernya)
mantap banget dok..!!
pas banget ilmunya..
thanks yah.
btw, bisa konsul gratis gag ?? 😀
hhihihi
lengkap,, makasih
mantaps, thx bro…
saat googling dengan keyword cara membuat daftar isi di wird 2007 yang tampil teratas artikel ini, dan setelah dicek tanggal publishnya 2010, dengan komentar yg beragam ucapan terima kasih..saya pun turut mengucapkan matur suwun Pak
-salam hangat-
Thank you informasi nya… membantu sekali… :))
TQ BGT..MANTAP…SANGAT BERMANFAAT
numpang ngopi Gan. Terima kasih.
Mksih Banget y…
gut Lak
JBU
🙂
bagai mana cara membuat no halaman kak?
saya sangat butuh bantuannnya kak
thank… nice inpo gan….
thankyu infonya, bermanfaat banget….
🙂
terima kasih tutorialnya, dapat membantu saya dalam menyelesaikan tugas makalah saya dengan cepat
tuju taun knal ms word bru skarang bisa hehe, biasanya manual mod on….. thenkz gan ditunggu updatenya lg……..
terimakasih banyak
salam kenal
mampir juga
ardiansyah-nomore.blogspot.com
makasih kakak,,, bntuin aq wat UAS TIK bsk,,,, 😉
No table of contents entries found.
aku gx bisa trus,,tulisan nya gitu terus..knapa itu mohon di jawab
terima kasih banyak atas share ilmunya…sangat bermanfaat…
Terimah kasih, mudah mudahan bermanfaat
thanks alot, artikelnya sangat membantu 😉
mkasih infonya………….
qw coba dlu ya……
makasih Om atas tutorialnya
dengan tutorialnya inimenambah pelajaran bagi saya.
THnks yh untuk info’y
Terimakasih banyak…benar-benar berguna
makasih ya berguna bgt buat buku ku karna baru pertama kali nih bikin buku iseng aja si klo ada tolong cariin penerbit deh hahaha karna aku masih smp kls 1 jadi perlu bimbingan nih
trim’s banyak
apakah bisa heading dengan numbering tapi dengan jumlah numbering yang banyak
misalnya 1.1; 1.1.1; 1.1.1.1 kalau untuk bab 1 saja tidak ada masalah
tapi kalau ingin membuat numbering bab 2, baba 3: 2.1;2.1.1. dst 3.1; 3.1.1 dst apakah bisa ??
sedangkan jumlah heading maksimal adalah 9 heading dan semua bab di skripsi harus dijadikan 1 agar bisa menggunakan aplikasi daftar isi otomatis ini
apakah bisa menggunaka aplikasi ini tapi bab 1 – bab 5 misalnya tidak dsatukan dalam 1 word yang sama??
ini yg saya cari2. thanks infonya.
tq ia, tulisan kamu sangat membantu sy dalam memahami materi d’word’07
w dh nyoba, tp pas w bikin daftar isi cuma 1 yg muncul. apa memang begitu??
mohon bantuannya
Terima Kasih sobat udah mau berbagi ilmunya .
mantzp bang tutorialnya..
Thanks ilmunya
Pingback: blog.stmik-aub.ac.id » Blog Archive » membuat daftar isi otomatis dan memanfaatkan section break
Pingback: membuat daftar isi otomatis dgn ms word 2007 «
Pingback: cara membuat daftar isi otomatis dgn ms office word 2007 « Hidayahweb