Lupus, TUbuh menyerang tubuh sendiri..

Lupus atau lengkapnya Systemic Lupus Erythematosus (SLE) merupakan kelainan auto imun pada sistem imunitas tubuh (sel di badan yang berperan melawan infeksi) yang mana justru menyerang jaringan tubuh dan organ sendiri yang berakibat terjadi peradangan dan kerusakan jaringan. Lupus paling sering mengenai pada wanita usia produktif tapi dapat juga terjadi pada anak-anak, remaja ataupun laki-laki. Penyebab kelainan ini tidak diketahui, namun telah dihubungkan dengan faktor genetik, lingkungan dan akibat infeksi. Kelainan ini dapat mengenai hampir semua organ tubuh namun ginjal paling sering terkena. Pada beberapa kasus, kelainan bisa hanya ringan (misalnya, hanya mengenai kulit) dan bisa juga sangat berat (mengenai banyak organ, termasuk otak).

Gejala

Lupus dapat mengenai banyak organ, oleh karena itu gejala lupus dapat beragam. Beberapa gejala yang sering dijumpai:

  • Lemah badan
  • Demam
  • Pembengkakan atau nyeri sendi (paling sering pada pergelangan tangan, siku, lutut)
  • Nyeri sendi
  • Rontok rambut
  • Rush (kemerahan) (secara khas tersebar di wajah berbentuk menyerupai “kupu-kupu”)
  • Ulkus/luka di mulut dan hidung yang tidak nyeri
  • Fotosensitif (munculnya kemerahan setelah terpapar sinar matahari)

Diagnosis

Untuk melengkapi Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik, dokter anda akan menyarankan pemeriksaan darah rutin serta kimia darah yang spesifik terhadap target organ lupus untuk menilai luasnya peradangan dan organ yang terkena. Dokter anda akan merujuk anda pada Dokter Spesialis rematologi.

Pengobatan

Sejauh ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan Lupus. Pengobatan yang dilakukan bertujuan mencegah dan memperlambat proses penyakit serta mengendalikan gejala yang ada. Pengobatan lupus ditargetkan pada system imun. Obat-obat yang digunakan sangat individual tergantung beratnya penyakit serta organ yang terkena.

Rujukan:

Sarah Ringold; Cassio Lynm; Richard M. Glass, 2005. Systemic Lupus Erythematosus. JAMA. 2005;293(24):3130 (doi:10.1001/jama.293.24.3130). Dapat di Akses melalui http://jama.ama-assn.org/cgi/content/full/293/24/3130

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on September 1, 2008, in Penyakit DALAM and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ada yang mengatakan bahwa lupus adalah salah satu gejala awal dari penyakit defisiensi st. imun atau AIDS. Bagaimana menurut anta?

  2. Saya punya tetangga yang kena penyakit itu kak. . .
    seorang ibu yang udah memiliki keluarga.
    dan dia juga seorang dokter.

    Karena penyakit ini bisa sampe bikin dia lupa, dia suruh suaminya untuk nikah lagi, sebelum semuanya berantakan. .

    Kasian banget. .
    Semoga diantara kita gak ada yang kena.

  3. Lupus..??nm yg sgt lucu..tp jk Qt tw artix maka smga Qt gak prnh dgr nm itu..Q rasa penyakit 1 ne bnr2 aneh,bahkan very amazing,Q cm brhrp mdh2n gnrasi para medis dpt menemukan tx yg mnymbuhkn lupus bkn hny yg memperlambat prjlnanx..!!

  4. Mas tolong pencerahnnya tentang fisioterapi dan gaya hidup sehat, kalau ada diet untuk penderita lupus, terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: