Asam Folat SANGAT Penting untuk JANIN

Asam Folat adalah salah satu jenis vitamin B. Sayur-sayuran dan buah seperti bayam, lobak, buncis, alfokat, pisang, jeruk dan asparagus sebagai sumber alami untuk vitamin tersebut. Asam folat adalah vitamin yang esensial bagi tubuh. Asam folat ini terlibat pada sintesis, erbaikan dan normalisasi fungsi DNA (deoxyribonucleic acid – suatu molekul dasar dari gen) asam folat diperlukan untuk produksi dan mempertahankan sel baru. Vitamin ini terutama sangat penting keberadaannya selama masa pembelahan sel dan pertumbuhan sel selama masa kehamilan dan pertumbahan anak.

MANFAAT ASAM FOLAT

  • Mencegah Kelainan Janin. Pada 1996, FDA (BPOM-nya amerika-red) membuat aturan tentang penambahan asam folat pada roti, sereal, tepung dan produk olahan padi. Usaha ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko neural tube defects
    (kelainan pada sumsum tulang belakang) pada bayi baru lahir. CDC melaporkan pada tahun 2004, sejak diberlakukan aturan tersebut, angka kejadian neural tube defects di Amerika Serikat berkurang 25%.
  • Pencegahan Kanker. Bukti ilmiah menunjukkan pada kadar asam folat dalam darah yang rendah dapat menyebabkan kerusakan DNA dan dapat memicu kanker. Pemberian suplemen asam folat dalam jangka panjang dapat mencegah kanker payudara dan kolon (usus besar).
  • Pengobatan Penyakit Non-Kanker. Pada pengobatan rheumatoid arthritis, lupus, psoriasis, asthma, sarcoidosis, dan inflammatory bowel disease tak jarang menggunakan obat jenis Methotrexate. Methotrexate merupakan obat yang cukup ampuh. Namun, obat ini dapat menghabiskan cadangan asam folat tubuh dan dapat menyebabkan efek samping yang serupa dengan kekurangan asam folat. Mengkonsumsi nutrisi yang banyak mengandung asam folat seta mengkonsumsi suplemen asam folat dapat membantu mengurangi efek samping methotrexate tanpa mengurangi efektifitas obat tersebut.
  • Pencegahan Penyakit Jantung. Kadar asam folat, vitamin B12 dan vitamin B6 yang rendah dalam darah dapat menyebabkan peningkatan kadar homocystein, suatu asam amino yang normal dalam darah. Telah ada bukti bahwa peningkatan kadar homocystein menjadi factor risiko penyakit jantung dan stroke. Efek suplemen asam folat pada penurunan risiko untuk jantung dan pembuluh darah sedang diteliti.

EFEK SAMPING

Meskipun asam folat umumnya aman, terdapat perhatian pada pengkonsumsi suplemen vitamin ini muncul efek samping pada kelompok individu tertntu. Efek samping yang dapat muncul meski jarang antara lain, demam, kelemahan badan, nafas pendek, mengi, sesak nafas, ruam kulit dan gatal kulit. Selain itu, perlu diperhatikan, bahwa tingginya kadar asam folat dalam darah dapat menutupi gejala kekurangan vitamin B12, yang juga dapat menyebabkan kerusakan saraf.

 

 

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on September 14, 2008, in Patient Page and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal Psoriasis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/21/obat-psoriasis-adalah-transfer-factor/

  2. Rifani Damacena

    Thank’z…………be.ud bwt penuliz.na…. berkat artikeL ini agw dapet pengetahuan yang lebih……

    Berkat artikel ini presentasi aku sukses….

    makaciii….

    arigato..gozaima…..🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: