Asal Usul Asam Urat

Saat ngebis ke semarang, saya nguping diskusi tetangga yang begitu seru. Bak seorang ahli memberi petuah pada muridnya. Mereka membicarakan soal asam urat. Beberapa yang bisa kutip : “Asam urat tuh sebenarnya bermula dari adanya sumbatan pembuluh darah. Lama-kelamaan sumbatan itu menjadi keras, makanya disebut urat, ya..membentuk seperti urat. Sumbatan tu juga menjadikan keadaan disana menjadi asam makanya disebut asam urat“. Begitu kata bapak yang bicara begitu semangat. Pembicaraan terus berlanjut. Tapi dalam benakku, apa teori udah berubah?? Mungkin gara-gara saya dah lama ga buka buku kali ya… Tadinya mau ku konfirmasi, tapi gara-gara takut dikemplangi, dan di cap anak sok tau. Saya diem aja dan membiarkan ia terus berkoar. Oleh karena itu, saya bertekat, khusus menulis artikel bertema Asam Urat untuk bulan ini.

Asam Urat adalah Hasil Katabolisme Purin

kristal urat

Apa sih maksudnya? Asam urat (uric acid-dalam bahasa Inggris) adalah hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) purin. Purin adalah salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA. Yang termasuk kelompok purin adalah Adenosin dan Guanosin. Saat DNA dihancurkan, purin pun akan dikatabolisme. Hasil buangannya berupa Asam urat. (1)

Purin termasuk komponen non-esensial bagi tubuh, artinya purin dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka purin tersebut akan langsung dikatabolisme oleh usus.(1) Urat (bentuk ion dari asam urat), hanya dihasilkan oleh jaringan tubuh yang mengandung xantin oxidase, yaitu terutama di hati dan usus. Produksi urat bervariasi tergantung konsumsi makanan mengandung purin, kecepatan pembentukan, biosintesis dan penghancuran purin di tubuh. Normalnya, 2/3 -3/4 urat di ekskresi (dibuang-red) oleh ginjal melalui urin. Sisanya memlalui saluran cerna.(2) Berarti semakin banyak makanan yang mengandung tinggi purin di konsumsi makan makin tinggi kadar asam urat yang diserap.

Sifat Kimia Asam Urat

Proses metabolisme purin

DNA secara skematis

Asam urat merupakan asam lemah dengan pKa 5,75. Urat cenderung berada di cairan plasma ekstraselular dan cairan synovial (cairan sendi-red). Sekitar 98% urat membentuk monosodium urat pada pH 7.4. Monosodium urat mudah disaring dari plasma.(2)

Plasma terlarut monosodium urat pada konsentrasi 6,8 mg/dl pada 37oC. Pada kadar asam urat yang lebih tinggi, plasma menjadi jenuh dan potensial mengendap membentuk kristal urat. Akan tetapi, kadang-kadang pengendapan ini tidak terjadi meskipun kadar asam urat tinggi, hal ini kemungkinan karena adanya suatu zat pelarut dalam plasma.(2)

Asam urat lebih larut di urin daripada di air biasa, ini karena adanya urea, protein dan mukopolisakarida di urin. pH urin sangat berpengaruh pada kelarutannya. Pada pH 5.0, urine mampu melarutkan asam urat dengan kadar antara 6-15 mg/dl. Pada pH 7.0, kelarutannya meningkat, bisa melarutkan asam urat antara 158 sampai 200 mg/dl. Bentuk ionisasi urat di urin dapat berupa mono- dan disodium, kalium, ammonium, dan calcium urat.(2)

Kadar urat di darah tergantung usia dan jenis kelamin. Umunya, anak-anak memiliki kadar asam urat antara 3,0-4,0 mg/dl. Kadar ini akan meningkat dengan bertambahnya usia dan menurun saat menopause. Rata-rata kadar asam urat pada laki-laki dewasa dan wanita premenopause sekitar 6.8 dan 6,0 mg/dl. Kadar asam urat pada orang dewasa cenderung meningkat dengan bertambahnya usia, berat badan, tekanan darah, konsumsi alcohol dan gangguan fungsi ginjal. (2)


Tentang gejala, komplikasi dan sebagainya akan dilanjutkan lain waktu….

Kepustakaan

  1. Murray, R; Granner, D; Mayes, P; Rodwell, V. 2003. Harper’s Illustrated Biochemistry, Twenty-Sixth Edition. In Rodwell, V. metabolism of purine & pyrimidine nucleotides. New York. McGraw-Hill Companies. p293-302
  2. Kasper, D; Braunwald, E; Fauci, A; Hauser, S ;Longo, D; Jameson, L. 2004. Harrison’s Principles of Internal Medicine 16th Edition. In Wortmann, R. disorder of purine and pyrimidine metabolism. New York. McGraw-Hill Professional.

Lanjutkan Berkomentar di “Asal Usul Asam Urat”

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on October 16, 2008, in Penyakit DALAM and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. hmm…jadi ingat bokap, pernah g bisa jalan gara2 asam urat..any solution to prevent that happen? makanan yg mengandung purin??? apaan tu dok? contohnya apa?
    =======================================
    wah, saya turut prihatin. Pencegahan terbaik adalah mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin. Sebagian contohnya: kacang-kacangan, ujung-ujung daun, segala yang regenerasi selnya tinggi (kulit, jeroan, ato bagian tumbuhan yang sedang aktif2nya tumbuh). InsyaAlloh akan saya jelaskan lebih lengkap dalam kesempatan berikutya.

  2. sekarang ini saya sudah berumur 50 th , sudah terkena gejala asam urat dengan kadar skala 8 , tolong info rekan2 yang tau obat herbal yang mujarab yg bisa menurunkan kadar asam urat namun aman bagi organ2 lainny.

    t. kasih

    • djaenudin gholib

      obat herbal yang saya tahu misalnya jinten hitam (habatus sauda) atau herbal kemasan yang umum dikenal yaitu cap gentong mas

  3. Saya Pria, umur 43thn telah 3 tahun merasakan seperti kesemutan pada kelingking dan jari manis,
    Telah melakukan cek darah dua kali dengan interval waktu 3 bulan.
    Hasilnya asam urat saya adalah 6,5.

    Pada tahun pertama hanya jari manis dan kelingking sebelah kanan yang merasa seperti kesmutan/kebas, kemudian mulai 2008, jari manis dan bagian kiri, telah merasakan kesemutan seperti bagian yang kanan.

    Yang saya tanyakan, apakah ini sakit asam urat,
    saya telah obati dan minum segala macam jamu dan herbal tapi tetap hasilnya tidak ada.

    Karena itu, tolong Bapak/Ibu yang tahu atau paham tentang penyakit saya ini,
    atau tahu obat atau herbal apa yang cocok.

    Oh ya, saya tidak punya penyakit Maag, dan badan agak gemuk…78Kg/tinggi 170cm
    dan Alhamdulillah, saya tidak ada keluan selain itu.

    Terima kasih
    ======================
    terima kasih untuk kunjungannya..
    saya salut dgn perhatian bapak thd kondisi kesehatannya. mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. tapi bila telah terlanjur sakit, mengobati sejak dini sangat efektif hasilnya drpd sudah lanjut.
    Untuk keluhan utama bapak, kesemutan diujung kaki dgn kadar asam urat dlm batas normal, perlu dievaluasi lebih dalam. berhubung informasi masih terbatas.
    Perlu diketahui, kesemutan umumnya terjadi karena adanya darah yang kurang lancar disekitarnya (biasa pada penderita kolesterol tinggi ataupun kencing manis/DM) ataupun karena adanya gangguan pada persarafan sekitar kaki (sering terjadi pada penderita kencing manis/DM). untuk itu, hemat saya, sebaiknya bapak konsultasi dgn dokter terdekat untuk evaluasi dan pemeriksaan fisik lebih lanjut. terurama bila terdapat keluhan: mudah haus, sering kencing, mudah lapar.
    Saya menganjurkan bapak untuk memeriksa kadar kolesterol dan gula darah (puasa dan 2 jam setelah makan. Caranya, bpk puasa makan & minum manis sejak j10 malam sampai diambil darah pagi j8an. kemudian tanya petugas lab. jenis dan jumlah makanan yang dimakan, 2 jam setelah makan, kembali diambil darah.
    Sambil menunggu kejelasan gangguan yg bpk alami, saran saya, olah raga aerobik teratur(2x/minggu-durasi 30menit), kurangi konsumsi lemak, minyak. perbanyak buah, tentunya banyak berdo’a.
    ….. Hanya Kepada Alloh tempat kita memohon Pertolongan….

    berhubung informasi yang kurang, silahkan bapak mengubungi saya lewat email atau (sebaiknya) YM dgn ID: mha5an@yahoo.com

  4. adik saya baru berumur 10 tahun,tp kata dokter dia mengidap asam urat..terutama kakinya suka sakit dok”saya ragu apa itu asam urat atau kekurangan kalsium?soalnya adik saya tinggi..jadi dok bagaimana cara ngebuktiinnya?

  5. Maaf dok saya mau tanya. Saya sedang menyusun tugas akhir tentang “Pemeriksaan kadar asam urat dalam serum darah pasien dengan dugaan penyakit gout” kira-kira yang harus saya bahas disini apa yah ? Saya kurang begitu memahami asam urat itu sendiri. apa asam urat dengan gout itu berbeda ? lalu apa setiap wanita menpouse akam mengalami peningkatan asam urat?
    Terimakasih atas perhatiannya..
    Smoga dokter bisa membantu saya ..

  6. Than’xs banget infonya…

  7. Saya pada umur 20an mengalami bengkak dan kemerahan pada sendi lutut,Oleh dokter umum didagnosis artritis atau gout. waktu itu itu sy cuma tau ada lebih dari 100 jenis artritis dan gout. Sy dikondisikan kearah menderita rematik dan bukan asam urat. Obat yang sy terima efeknya seperti obat tidur dan penambah nafsu makan. Sbg msiwa sy tdk mau teler krn tugas banyak, jd kalau ada tugas saya tdk minum. Setelah selesai kuliah, dan pulang kedaerah hangat, saya tidak lagi mengalami bengkak, hanya kadang2 sekali2 tp berkelana di semua sendi. Setelah 10th kembali tinggal didaerah dingin selama 2 th sering kambuh. Pd umur hampir 40 th saya melahirkan, dan pada masa hamil kembali bengkak tapi diatas tapak kaki. 2 th yg lalu sy didiagnosis pengapuran pada lutut. Sejak itu sendi lutut terutama sering sakit dan pegal diseluruh tubuh. Pengapuran diobati dengan suntikan dan saya baru tau bahwa saya lebih cenderung ke asam urat. Kemudian saya mencari tau tentang asam urat, dan ngeri tentang ketidak tauan saya selama 20 th terhadap penyakit yg saya idap, padahal saya tidak hanya konsultasi kedokter umum. Saya juga belajar mengenal beda rasa nyeri akibat pengapuran, asam urat, dan rematik faktor (saya tidak jelas apa itu) baru sekarang ini. Dokter saya separuh menggugat tentang pembiaran ketidak tauan pasien oleh dokter. Mohon informasi tentang hubungan rematik (faktor?) dan asam urat. Kemudian sebenarnya sebaiknya saya berobat kedokter penyakit dalam atau ortopedi untuk asam urat dan rematik, karena pengapuran saya sudah ditangani dokter ortopedi dengan 5x suntikan dan minum vitamin OA. Terimakasih

  1. Pingback: Gejala dan Komplikasi Asam Urat « Catatan seorang Dokter

Leave a Reply

