Sayangi anak-anak kita – Protect Your Children

Yogyakarta – Setelah sebelumnya berdesakan ikutan Job FAIR, kemarin pagi saya putuskan untuk kembali ke Semarang. Kali ini, saya putuskan naek motor. Untuk itu, peralatan untuk safety harus saya siapkan. Maka, berkelilinglah saya memburu helm dan konconya.

Helm yg saya maksud disini adalah helm standard. Ternyata mencari helm yg dimaksud rada susah. Awalnya saya berhenti, untuk bertanya, disetiap toko onderdil motor di sepanjang Jl.Ambarukmo. kebanyakan toko tidak menyediaan helm standard. sempat saya temukan 2 toko yg menjual helm, tapi kaca helm rasanya terlalu gelap. nah lho, kalo dipake malam-malam? mo liat jalan apa mo liat kaca? kan malah ga aman. Sembari itu, saya pun bertanya tentang jas hujan (jaket+celana) yg warna mencolok. wah, ternyata ga ada juga. Yg ada hanya warna biru dongker/abu-abu. saking seringnya berpindah toko, mungkin baju dan celanaku klo bisa bicara akan bilang, “ngapain sih mas, nyari-nyari yg ga ada. Ambil yg ada ajalah! trus pulang, inikan lg hujan deras.. basah kuyup nih!”.

Demi upaya proteksi diri, meski hujan makin deras, pencarian saya lanjutkan. Alhamdulillah, akhirnya nemu kios helm di Kotagede. Singkatnya, saya pilih helm yg pake tameng di depan dagu, dengan kacanya anti gores. Dalamannya bisa di lepas untuk dicuci. kebanyakan helm yg ada, dalamannya udah dilem, jd klo mo dilepas, saat dipasang lagi jd longgar. Helm merk BMC ini harganya lumayan larang, 170rb. Sementara untuk jas hujan, saya tetap ga ketemu yg warnanya mencolok. ya.. daripada ga ada…
Kenapa saya ngebet pengen yg warna mencolok? Ya.. paling tidak warna itu mudah dilihat oleh pengendara lain.
Saya berangkat setelah subuh. JalurnYogya-Semarang yg saya pilih adalah jalur yg biasa saya lewati pake bis. untuk mengantisipasi udara dingin, selain mengenakan jaket kumel yg biasa saya pake, luarnya saya lapisi jaket dan celana jas hujan. Wih… dingin, udaranya seger. Dengan kecepatan rata2 60km/jam, pemandangan yg cukup menarik pun bisa ku nikmati. Sayangnya, itu semea cuma carita, karena tak sempat saya foto.

Ditengah jalan, banyak saya lihat pengendara yg pemberani. Orang Indonesia memang PEMBERANI … Bagaimana tidak, di jalan yg begitu rame, kendaraan besar berseliweran, banyak pengendara motor BERANI tidak melindungi diri. beberapa orang tua pengantar anaknya sekolah. Ia memakai helm standard, tapi sayangnya anaknya yg masih kecil, TEGA ga dipakaikan pengaman. Saya pun jd ingat kecelakaan kecil semasa saya TK. Alhamdulillah waktu itu, bapak saya sadar pentingnya helm, kecelakaan yg terjadi tidak berdampak besar.

Di tempat lain, tampak beberapa angkot yg pintu masuknya bergelatungan 1-2 siswa berseragam SMP. Apa biar irit ga bayar ? Apa kerja sampingan jd kernet angkot ? Yang jelas, SANGAT tidak Aman !! Sayapun jd ingat “kebiasaan” buruk anak SMP dulu di Manado. Kami ga mau naek angkot, meski bakal telat, kalo angkotnya ga OK. Yg kursinya masih kosong aja belum tentu mau dinaiki apalagi udah desakan gitu, males deh ! Angkot OK versi anak SMP waktu itu adalah angkot yg tampak baru, joknya empuk, dengan sound sistem yg keren, serta variasi asesoris mobil yg menarik. Berlebihan ya … sementara angkot dijawa, penumpangnya dipaksa berdesaka, kaya’ ilkan sebuah mobil, “MASIH MUAT..” tp dengan versi supir angcrot. “masih muat, Ayo geser..geser… 7-5, tuh yg di kanan geser lagi dong!” Cabe deh!

Gimana tuh menurut Anda ? Sudahkan anda menyayangi anak-anak anda?

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on November 25, 2008, in angkot, BMC, helm, jas hujan, motor, safety, semarang, vehicle, yogyakarta and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. iya yah kesadaran atas keselamatan diri masih kurang di masyarakat indonesia, alasannya klasik “Mati itu dah takdir, jadi mo skrg atw besok sama aja” kok ya pasrah-pasrah ya masyarakat kita…

    Ih padahal dari kecil udah di kasih tw “mencegah lebih baik daripada mengobati”…

    lanjut mang

  2. wahhh dok kalo sehat kadang orang lupa yah kalo sakit itu muahalllll..

    eh btw dok dapat award nih dari blog saya..

    ok c u

  3. Beli helm dikota gede?jauh bgt muternya..kota baru kali dok…btw kesadaran tentang safety mang masi kurang dimasy kita,apa2 yg penting murah..pdhal kalo dah menyangkut keselamatan diri kan harus bener2 diperhatiin..kata yudi si gitu.he6

  4. Iya dok, kota baru itu isinya helm semua..

  5. @ yd_gobel : iya tuh, orang kita kan paling demen bikin slogan. tp aksinya kurang. kudunya orang tua mencohtohkan hal yg baik pd anak sejak dini. seperti iklan sbuah pastagigi “Ajari Anak anda kbiasaan baik sejak dini…”

    @ Richie Octavian : sekarang berobat bisa jd lebih murah drpd mencegah. kan berobatnya pake JAMKESMAS/Kartu Miskin, gratis.
    Btw, makasih Awardnya, tp bhubung slama ni cm pk mobile, rada ga leluasa copas-nya. jd blm bisa ditindaklanjuti

    @ myblu3sky : dimana tuh kota baru ? soale, kemaren ga sempat nanya2 dulu. pikirku tiap toko ondrdil & asesoris motor, pasti jual helm

  6. Makasih perhatiannya mas hasan. Semua alternatif yg mas kemukakan jg sudah dirundingkan. Mentok.

    Soal atasan, sengaja bini blm ngajuin mutasi dulu lantaran saya ini mau mutasi lg. Kebijakannya kan bini g bisa mutasi ikut suami lbh dr sekali dlm waktu yg terlalu dekat. Itu saja..

  7. kota baru tuh dari gramed ke gede ke selatan kak…
    deket telkom jogja…kalo ikutin jalannya tembus malioboro…
    disitu t4 org2 beli helm,slayer dll…kalo skg ditambah penjual duren..hihihi…
    aniwei….makasi atas awardnya…tapi belum ditindak lanjuti,,jogja ujan terus hari ini,signal suka jelek..

  8. kota baru tuh dari gramed gede ke selatan kak…
    deket telkom jogja…kalo ikutin jalannya tembus malioboro…
    disitu t4 org2 beli helm,slayer dll…kalo skg ditambah penjual duren..hihihi…
    aniwei….makasi atas awardnya…tapi belum ditindak lanjuti,,jogja ujan terus hari ini,signal suka jelek..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: