Mengatur waktu Konsultasi Kesehatan

Seminggu pun terlewatkan…
Sejauh ini semua baik-baik saja. Dalam Seminggu ini, saya telah kembali merasakan sensasi membantu partus. Nge-khitan dgn bengkong, dapat pasien DSS, terima pasien ACS, setumpuk pasien Malaria, dan yg rada istimewa.. kembali membantu pasien gagal jantung. Alhamdulillah.. semua masih berjalan lancar. Masih terkendali. meski tetep ada pasien yg malarianya agak membandel.

Lain lagi Soal makanan. Ku perhatikan, kok lauk dari ketering monoton ya… pikir saya buat ngehemat. Akhirnya kemaren kupaksakan untuk iseng tanya teman juga warga sini. Ikannya kok ga variatif? selama ini menu Ikannya cuma ikan layang, Ikan yg cukup kukenal sejak kecil di Manado.. Tp dulu biasa disajikan goreng tumis dengan dabu-dabu. Wiih mantep pokok e.. Ikannya enak, masakannya cukup Tp monoton itu masalahnya. Ternyata… memang daerah ini sulit Ikan. Harga Ikan di pasar mahal, Tp memang sangat tidak variatif. Entah apa sebabnya, apa krn ga ada nelayan, ato Ikannya malas dekat-dekat daerah sini yg banyak tersebar lokasi tambang. Padahal, sebelumnya, kupikir Kaltim daerah yg Ikannya banyak. Saya dari jawa sudah membayangkan nikmatnya hidup di kalimantan dengan variasi Ikan yang beragam. Dibanding ayam, daging sapi, saya Masih memilih Ikan laut. Selain enak, beragam, gizinya mantap! Yah, klo dah gini.. dinikmati aja.. sapatau para nelayan yg membaca tulisan ini mau melihat potensi yg ada… Pernah makanan gorengan pisang Harga serebuan? yang terbayang adalah pasti pisang gorengnya uenak. mungkin pk taburan keju.. jd ngelantur gini.. Tp Ternyata, pisang goreng, tahu isi rasa standar harganya memang semahal itu . Hikx!

Pagi tadi aktivitas harian ku jalankan seperti hari-hari sebelumnya. Mulai dengan visite pasien, trus lanjut Poli Umum. Satu hal yg harus Mulai kupikirkan. “Mengatur Waktu Lama Konsultasi”. Hari ini pasien cuma 38, Tp jadi molor sampe jam 12-an. Sampe ada yg bilang, “Dok, selama saya Disini, saya ga pernah melihat poli Sampe sesiang ini”. Sebenarnya bukan karena pasien membeludak, Tp durasi Konsultasi yg kelamaan. Akibatnya, molor.. Yg kasian adalah tenaga pendukung lainnya. Perawat, apotik dll. Saya telah membuat Waktu kerja mereka bertambah. Niatnya sih agar sekalian memberi edukasi bagi pasien. Karena saya sendiri aja kesel bilang berobat ke dokter yg pelit bagi info tentang sakitnya saya, pencegahan, dll. Kan ga pantas bilang saya malah meniru prilaku oknum sejawat yg pelit ngomong. Gmn geeeeh! klo dibiarin molor Lama-Lama orng-orng bakal kesel juga. Yah.. Target berikut saya adalah mengatur Lama Waktu Konsultasi…

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on December 30, 2008, in Dokter, ikan laut, konsul, nelayan, pasien, pisang. Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Menurut penelitian yang saya lupa di mana bacanya, durasi konsultasi ideal antara pasien dan dokter adalah 20-30 menit. Kurang dari itu, itu namanya dokternya nggak perhatian. Lebih dari itu, terlalu lama bahkan untuk sekedar terapi psikologis. Jadi sekarang kita ingat-ingat sendiri, apakah masa konsultasi yang kita berikan kepada pasien-pasien kita tuh udah mencukupi atau belum.

  2. sebenarnya kalo dihitung-hitung, durasi konsultasiku ga terlalu lama, rata-rata 10 menit. Itu aja udah molor..
    Bahkan ada yang “kasian” ama saya karena katanya kelamaan kosultasinya.. saya malah kasian ama pasien yang cuma dicekoki obat tanpa penjelasan..

  3. Disela2 waktu praktek, Mas hasan masih meluangkan waktu menulis. Mantap. Untuk merefresh otak agar jangan sampai jenuh… Bagus itu…

  4. iyah nih mas.. malah sehari-hari kerjaannya cm online.. Selain biar ga BT, Ya.. jd hiburan di tengah Hutan.

  5. wah sampeyan tugas dimana dok? ampuh banget dah tulisannya..

  6. di kaltim mana? aku dulu juga kerja di kaltim, bontang…tapi seingetku disitu makanan malah adanya ikan doang…nyobain tahu tek ama gado-gado rasanya ga karuan!!!
    cuman emang mwahal sih…benerrr….

  7. sy di daerah Maridan kec.Sepaku Kab.Penajam Paser Utara.
    mungkin kebetulan daerah ini miskin Ikan kali ye…
    Soal harga mahal, kemaren sempat kepikir mo perdayakan orang bwt jualan makanan…
    sambilan gitu…

  8. hahahaha jgn paksa2 org euy nurutin keinginan….pengen yg variasi pesan aja abon dari segala jnis ikan kan bisa yg kering di bumbui dll….. eh dri dlu kan rasa2x klo priksa px k’ lama mgk org penajam aja yg berani ungkapin, hbis diliat dokterx semangat hehehhee…..

  9. Tenang aja dok,.. Perawat zaman sekarang itu tugasnya gak hanya sbg provider, tp juga konselor, advocator, manager, researcher, dan educator. Gak hanya otak perawat juga punya hati.. Dokter gak perlu khawatirlah….
    Bukan supporter, perawat itu sebuah profesi bukan pekerja. Layaknya profesi Anda, profesi perawat juga punya otonomi dan job description yang jelas.

  10. Urut pendapat saja:
    Mungkin yang perlu dilakukan adalah screening.
    Membedakan masing2 pasien berdasarkan: keseriusan penyakit, prognosa, efek samping obat, edukasi yg simple utk yg gak serius, tingkat pengetahuan pasien dan tingkat “Kecerewetan” pasien.
    Ada beberapa motif pasien berobat dan bertanya…mungkin itu yg kita harus pahami, sehingga dapat memenuhi kepuasan dia sebagai customer.
    “Simple, on demand and on target.

  11. @Oentoro: Iyah doc. lama-lama juga kerasa gimana cara membedakannya. Btw, pasien langganan yang Keluarga Besar *** datang lagi. Kembali mengeluh batuk ga sembuh-sembuh. Tapi emang ga konek. dah tau punya alergi dingin, dibilangin jangan dulu pake kipas angin malah marah-marah. Hiks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: