Fit X touring on Triway

Setelah sekian lama kutinggalkan blog ini, ingin rasanya ku menorehkan catatan harianku kembali. Kali ini, cerita perjalananku seharian ini tanpa arah dan tujuan yang pasti. Bermula dari rasa ingin tau bagaimana kondisi ibukota kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pagi ini saya putuskan untuk jalan-jalan ke Penajam bersama temanku “Karsit”. Perjalanan menggunakan motor FIT X yang Alhamdulillah baru ku beli kurang lebih 2 minggu dari pemilik awalnya yang ketimpa duren runtuh(alias motor Hadiah kuis).

Dari RS ITCI tampak angka meteran pada Motor menunjukkan angka 296. padahal motor tu dah berusia 3 bulan. Meski kesannya tanpa tujuan yang jelas, sebenarnya, dihati kecilku, Ini semua ku lakukan untuk mengetahui medan jalan guna tekadku Ta’lim lagi. Sejauh ini ta’lim terdekat diadakan di Penajam, sepaku, Ibnul Qoyyim (KM 5,5 BPP), Janebora dan pasir Lango yang dua terakhir entah dimana.

Sehari-hari di lingkungan beraspal sering membuat kita lupa bersyukur atas nikmat-Nya. Itulah yang saya alami. Selepas dari wilayah perumahan ITCI, bentuk jalan langsung berubah. Tanah berbatu dengan lobang-lobang berisi lumpur menghiasi jalanan. Seolah tak pernah mengeluh, masyarakat sekitar sudah biasa dengannya. Jalanan model seperti itu membentang dari KM 6 sampai KM 12 di Pemaluan. Pernah sekali ku ajak istriku jalan-jalan ke KM 12, hihi.. dia langsung terpikirkan, “gimana kalo saya hamil lewat jalan ini yah?”.

Indahnya jalanan Hutan

Indahnya jalanan Hutan

Setelah sampai di Perempatan KM 12, jalanan beraspal mulai tampak. Dari Arah ITCI, di perempatan itu kalo ke kanan ke arah Sepaku, Lurus ke Meratus dan Kiri ke Penajam.

Struktur tanah kalimantan mirip Sulawesi. Berbukit-bukit, labil dan bergelombang. Akibatnya, meski “katanya” jalanan tu batu diperbaiki, tetep aja jalanannya berjelombang, banyak jebakan maut, dan berliku-liku.

ASPAL membelah hutan gundul

ASPAL membelah hutan gundul

Bersambung….

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on May 12, 2009, in balikpapan, motor, MY DIARY, PPU. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: