Internet BANKING MANDIRI

Cerita ini bermula dari adanya rekan kerja saya yang meminta izin untuk tidak masuk kerja dengan alasan ingin mentransfer uang k keluarganya di jawa. Bagi sebagian besar pembaca tentunya bakal heran. Minta izin tidak masuk kerja untuk alasan tersebut. Namun, di sini itu dapat dimaklumi. Berhubung tidak adanya satupun bank disini dalam radius 30km. Mesin ATM pun tak ada. Masalah serupa sering dialami rekan kerja yg lain. Bagi saya hal serupa bukan masalah. Layanan perbankan saat ini telah membantu saya.
Dengan memohon ampun pada ALLOH.. Semoga ALLOH mengampuni segala dosa saya dan membersihkan harta kami dari riba. Saya terpaksa menyimpan sejumlah uang di bank. Salahsatunya bank MANDIRI, yang juga bank tempat pengiriman gaji ditempat saya bekerja.
Saya kini sering memanfaatkan kemudahan layanan perbankan MANDIRI melalui internet banking. Melalui layanan tersebut nasabah MANDIRI dapat melakukan banyak hal. Cek saldo, transfer sesama mandiri, transfer antar bank, macam-macam pembayaran.
Kembali ke masalah awal, saya menawarkan bantuan tuk transfer dana ke kerabat rekan saya tadi di BRI. Daripada dia harus ke balikpapan, buang waktu dan biaya transport. Paling murah, ke balikpapan menggunakan kapal kecil, dgn biaya @12000 sekali jalan, dan butuh waktu 1jam 15 menit. Kapal itu hanya berangkat 1x dari sini yaitu jam 8.00 dan dari balikpapan 1x juga berangkat jam 14.00.

Cerita ini akan saya putus dulu.. Berhubung dah masuk waktu dhuhur..

Kisah ini saya lanjutkan. Akhirnya rekan saya bersedia menerima bantuan saya untuk menggunakan Internet Banking MANDIRI saya. kami melakukan transaksi pada tanggal 20/07/09, menggunakan fasilitas kliring internet MANDIRI. Tanggal tersebut adalah tanggal merah. Fasilitas kliring memang terbatas hanya bisa dilakukan pada jam kerja. bila transaksi dilakukan bukan pada hari kerja atau di atas jam 12 siang, transaksi akan dilakukan pada keesokan harinya di hari kerja. Kliring kami kirim ke rekening BRI. transaksi dilakukan sekitar pukul 8 malam dan dinyatakan BERHASIL. Saya pun sadar kalau transaksi tersebut baru akan dilakukan esok hari. Saya juga melakukan transaksi belanja online, saya mentransfer ke rekening MANDIRI penjual juga menggunakan fasilitas kliring.
Fasilitas kliring untuk transfer antar bank meminta biaya administrasi sebesar 7.500/transaksi. Namun ternyata, sampai tanggal 21/07/09 malam kedua transaksi belum masuk. Saya mulai khawatir, khususnya pengiriman dana ke rekening kerabat rekan saya tadi. soalnya dana tersebut segera akan digunakan. Saya pun menghubungi MANDIRI costumer service. Dengan ramah, costumer service menyapa saya. saya pun menceritakan kronologis kejadiannya. Setelah meminta maaf atas ketidaknyamanan saya, costumer service menjelaskan:
1. Transaksi kliring baru akan dilakukan di hari kerja.
2. Transaksi kliring kadang baru berhasil setelah 2-3 hari.
3. Dikemudian hari, bila akan melalukan kliring, sebaiknya dilakukan di hari kerja.
4. Bila ingin segera terkirim, jangan gunakan kliring. Gunakan layanan REAL TIME… namun dikenakan biaya 15.000/transaksi.
5. Jangan gunakan transfer antar bank bila tujuan transer ke sesama MANDIRI.

wah, terima kasih atas penjelasan mba CS. besok akan saya cek kembali kedua transaksi tersebut. semoga berhasil.

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on July 22, 2009, in Mandiri and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

