Waspada Flu Babi (H1N1)

Hari ini, di tempat saya bekerja kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Kab. Penajam Peser Utara. Pada intinya, mereka ingin meningkatkan kewaspadaan para tenaga kesehatan di RS tempat saya bekerja serta langkah-langkah persiapan jikalau terdapat kasus curiga Flu H1N1.

Tiap hari di media massa kita mendengar makin mewabahnya Flu H1N1. Saya pribadi pun masih belum jelas soal penamaan. Tiap hari yang kita dengar adalah Flu Babi atau Flu H1N1. Namun entah apa sebabnya, dalam artikel formal pemerintah tidak menyebutkan Flu Babi layaknya Flu Burung yang dulu semarak.

Ancaman dah di depan mata. Itu yang harus kami sadari. Pasalnya, Balikpapan saat ini telah merawat 2 pasien Flu H1N1. Balikpapan yang merupakan gerbang terbesar mobilitas penghuni kalimantan harus mendapat lampu kuning soal ini. Mengingat banyaknya perusahaan terutama tambang yang mempekerjakan WNA. Kita tinggal menunggu saatnya tiba bila aparat tidak waspada. Lantas kenapa Kami juga kudu repot-repot waspada? Pasalnya kec.Maridan seperti kecamatan satelitnya balikpapan. Hilir mudik warga yang nyebrang ke Balikpapan sangat tinggi mobilitasnya. Sedangkan di sini pemukiman penduduk cukup padat.

Secara Sederhana, Depkes telah menyusun PETUNJUK TEKNIS SURVEILANS EPIDEMIOLOGI FLU H1N1. Sekilas secara oprerasional, Definisi Kasus Flu H1N1 dibagi 3 yaitu:
1. Suspek
Seseorang dengan gejala infeksi pernapasan akut (demam ≥ 38oC) mulai dari yang ringan (Influenza like Illnes) sampai dengan Pneumonia, ditambah salah satu keadaan di bawah ini :
‐ Dalam 7 hari sebelum sakit, pernah kontak dengan kasus konfirmasi
swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko
‐ Dalam 7 hari sebelum sakit pernah berkunjung ke area yang terdapat
satu atau lebih kasus konfirmasi Swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko

2. Probabel
Seseorang dengan gejala di atas disertai dengan hasil pemeriksaan laboratorium positif terhadap Influenza A tetapi tidak dapat diketahui subtype-nya dengan menggunakan reagen influenza musiman
Atau
Seseorang yang meninggal karena penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang tidak diketahui penyebabnya dan berhubungaan secara epidemiologi (kontak dalam 7 hari sebelum onset) dengan kasus probable atau konfirmasi.

3. Konfirmasi
Seseorang dengan gejala di atas sudah dikonfirmasi laboratorium swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko dengan pemeriksaan satu atau lebih test di bawah ini :
Real time RT PCR
‐ Kultur virus
‐ Peningkatan 4 kali antibody spesifik swine influenza (H1N1) / Flu Meksiko dengan netralisasi tes

Keterangan :
1. Yang dimaksud ‘kontak’ adalah merawat, tinggal serumah atau berhubungan langsung dengan secret pernapasan atau cairan tubuh dari kasus probable atau konfirmasi swine flu H1N1 / Flu Meksiko.
2. Yang dimaksud ‘area terinfeksi’ adalah area/negara yang mempunyai satu atau lebih kasus konfirmasi yang ditetapkan oleh WHO. Area/Negara ini setiap hari bisa bertambah, sehingga harus selalu diikuti perkembangannya melalui website : www.who.int



WHO GUIDANCE DOCUMENTS

For individuals
For communities
For national authorities
Complete list of guidance documents by category
Complete list of guidance documents in alphabetical order


About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on July 23, 2009, in balikpapan, Dokter, krisis global, pasien, Penyakit DALAM and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: