Hidup tuk Saling Beri Manfaat

Hari ini ku awali seperti hari-hari biasanya. Setelah Subuh, nyantai-nyantai dikit tuk persiapan dinas pagi. Hanya saja yang sedikit berbeda, Istri saya bolak-balik kontrol Ibu hamil yang mau melahirkan sejak malam. Belum lama jam kerjaku pagi ini dimulai, hari ku yang “Aneh” dan sibuk pun dimulai. Diawali dengan telpon dari VK soal partus macet. Weeh.. sayapun ga biasa dengan kasus ini. Saat datang, kaget ga ketulungan. Kepala bayi dah keluar tapi bahunya nyangkut. HIS ibunyapun hilang. Tarik ke atas ga bisa, ke bawah pun ga bisa. Setelah beberapa menit berselang, qodarulloh.. Alhamdulillah, bisa keluar. Dugaanku, bahunya agak nyangkut. What ever-lah yang jelas APGAR 1’=1; 5’=3; 10’=5; 15’=7. Alias Asfiksia Berat. Yang bikin semangat ngambu(memberi nafas buatan pakai alat) adalah denyut jantungnya baik meski nafas spontan satu-satu baru ada setelah 15′ ngambu dan baru benar-benar spontan setelah 1 jam ngambu. Alhamdulillah.. “puas” tiada tara. Terlepas dari bagaimana kelak nantinya bayi itu setelah besar, yang jelas untuk sementara ia masih diberi umur oleh Alloh.

Tak berselang lama dari lahirnya plasenta, tetangganya pun pengen melahirkan dengan G8P7A0 letak sungsang. Weeh.. ibu yang sangat berpengalaman soal melahirkan. Tapi masalahnya, saya belum pernah bantu partus sungsang. Alhamdulillah lancar. Entah guyon apa beneran, kata si ibu, anak-anaknya sebelumnya lahir di rumah, kadang bidan belum datang, anak dah keburu keluar jadi yang nolongin suaminya sendiri.

Kisah pun berlanjut, abis Dhuhur, datang kasus kecelakaan kerja dengan DoA (Death on Arrival). Hiks..hiks.. biasa aja sih sebenarnya, tapi hari apa sih ini, kok aneh? Minta di Visum lagi. Istri korban pun meronta-ronta. “Dok, tolong suami saya dipasang infus aja! dia hanya lemas..” itu kata Istrinya yang sedang histeris.

Secara pribadi, qodarulloh, meski telat beberapa hari, akhirnya istri didatangi “tamu” dan masih Negatif. Nice try…

Apa sih tujuan kita hidup.. bagi sebagian orang akan tampak simpel. Tapi jelas pengalaman hari ini sulit dilupakan. Betapa kuasa Alloh sangat besar. Tiada daya Upaya kecuali milik Alloh semata. Bayangkan aja, ibu yang kedua begitu mudahnya di melahirkan ke 8 anaknya, sementara ibu yang pertama entah bagaimana nasib anaknya nanti. Segala upaya yang kami lakukan untuk resusitasi ga akan berhasil bila tanpa kuasa Alloh. Mau nangis darah pun ga akan bisa. Sebaliknya, bila ga usaha, jelas anak itu bakal mati dalam kondisi seperti itu. Ya Alloh.. Kuatkanlah kami dari segala cobaan hidup.

Secara pribadi, sya iri dengan mereka yang bisa belajar agama dengan tekun dan mengamalkannya sesuai Al-quran dan Sunnah dengan pemahaman salafus shalih, tapi bagi saya, untuk sementara yang bisa saya lakukan adalah Bertaqwa kepada Alloh semampuku dan memanfaatkan segala karunia Alloh yang diberikan kepada saya yaitu sedikit ilmu kedokteran. Saya sangat berharap, diri ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.. Kepuasan tiada tara tadi sulit dilupakan. tidak akan terbayar dengan materi dunia. Ya Alloh.. Berkahilah setiap aktivitas kami..

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on July 26, 2009, in bidan, Dokter and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Weits..distosia bahu ya? Keren deh bisa ngeluarin.. Diapain ama lu, San, pake Bracht?

  2. Mungkin ga berat amat.. Setelah berkali2 nyoba ditarik ke atas dan ke bawah, gw cm bisa bilang itu kuasa ALLOH, pas ibu bisa ngeden dikit, mungkin bahunya rada geser, alhamdulillah keluar. Ga jelas how it could be.. Qodarulloh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: