Pantai Tanah Merah Tak Menarik Lagi !!!

Kesempatan liburan bareng adalah langka bagiku. Bisa jadi ini yang terakhir. Saya kebagian jatah libur di H+1 dan H+2. Hari libur lebaranku yang terakhir, ku niatkan tuk refreshing bareng teman-teman ke Balikpapan. Kalo ini saya mengajak istri dan teman-teman ke Pantai Tanah Merah, sepertinya masuk wilayah Kab. Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sebelumnya, saya pernah sekali ke sana. Kala itu, saya pergi bersama Karsit. Kami sempat kebablasan nyasar 10km. Dari RS ITCI lokasinya mungkin sekitar 90 km. Sedangkan dari balikpapan sekitar 60km. Saat itu, pantai sepi pengunjung. Yang menarik bagiku bukan pantai dengan jenis pasirnya ataopun deburan ombaknya, namun, ternyata pantai ini telah di “paksa” ditumbuhi ratusan pohon cemara. Di bawah pohon cemara, ditumbuhi rumput tipis bak karpet tebal. Subhanalloh.. Begitu damai.. Terdengar kicauan burung yang menemani semilir angin laut. Kami pun menyempatkan tuk beristirahat (tidur-red.) sejenak di bawah teduhnya pohon cemara. Sempat kami berandai-andai, tuk memiliki rumah tinggal yang sesejuk itu.. Tak terasa waktu berlalu, memaksa kami kembali ke kehidupan nyata. Saat itu, ingin rasanya saya kembali ke sana.

Foto lamanya dicari dulu…

Lain dulu, lain sekarang… Hari ke-3 lebaran, liburan kami habiskan di pantai itu. ckkckck.. ruameee poolll… Yah.. Apa mau dikata, semua sehati dengan kami. ingin memanfaatkan hari yang langka. Begitu melihat pantainya.. Jadi ga selera! Karpet hijaunya telah menjadi tempat parkir pengunjung. Tak bisa lagi mendengar kicauan burung yang begitu damai. Yang ada hanya hiruk pikuk pengunjung, pedagang yang jualan mainan anak-anak, kendaraan yang lalu-lalang.

Tepi Pantai jadi Pasar
Tepi Pantai jadi Pasar

Ada hal yang sama dengan perjalanan yang sebelumnya. Kami datang disaat air laut surut. Agak berbeda dengan pantai lainnya, bibir pantai tanah merah agak menjauh hampir 100m ke laut saat air laut surut. Pantainya begitu landai. Tidak banyak terumbu karang, jadi pantai bak lapangan pasir yang luas.

Pantai Tanah Merah

Pohon Pinus di Pantai Tanah Merah

Pohon Cemara di Pantai Tanah Merah

Air Surut - tepi pantai menjauh

Air Surut - tepi pantai menjauh

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on September 25, 2009, in balikpapan, MY DIARY, Wisata and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Hm…jadi keinget pas liburan ke pantai manggar.🙂

  2. pernah kerja di Kaltim kah?

    Iya nih.. memang sengaja waktu itu milih ke Pantai Tanah Merah yang lebih adem, eh ternyata bejibun juga orang-orangnya. Mana pas lewat jalan ke Pantai Manggar macet lagi…
    Timing ga pas lah pokoknya..

  3. kalo di serang, pantai terus menuju daratan malah makan rumah2 ….

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    silahkan berkunjung ke blog saya:
    http://richocean.wordpress.com – terbaru ttg gempa Cianjur & Bangkalan kemaren pagi
    http://richmountain.wordpress.com

    salam kenal😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: