Prosedur Pengurusan Surat Sehat PNS

Ritual Prajabatan telah dilewati. Meski hasilnya jadi jamaah ipin dan upin, tapi banyaknya kenalan baru adalah hal yang paling bermanfaat. Lainnya sih standar.
Langkah selanjutnya adalah pengurusan persyaratan 100%. Salah satu syarat adalah surat keterangan sehat dari RS yg ditunjuk dalam hal ini adalah RSHS.
Pemeriksaan yang syaratkan adalah, pemeriksaan laboratorium(darah dan kencing), foto rontgen dada, dan pemeriksaan fisik.
Untuk semua itu, anda harus menyiapkan waktu 2 hari, yaitu hari pertama untuk pemeriksaan darah dan foto, (hasilnya baru keluar besoknya); hari kedua untuk pemeriksaan fisik dgn membawa seluruh hasil hari sebelumnya.

Langkah Persiapan
– Ambil Surat Pengantar Pemeriksaan Kesehatan untuk pengangkatan PNS di bagian kepegawaian instansi anda.
– satu hari sebelum ke RSHS, Puasa sejak pukul 10 malam. Puasa maksudnya, tidak makan dan minum. Namun anda diperbolehkan minum air putih. (Bukan air susu🙂 )
– Siapkan uang total sekitar 250 rb
– Siapkan pas foto 4×6 berwarna 1 buah

Hari pertama

– disarankan ke RSHS sejak pagi, sebelum pukul 7, menginggat RSHS adalah rumah sakit rujukan dari propinsi berpenduduk terbanyak di Indonesia.

– Anda langsung menuju loket pendaftaran pasien rawat jalan (jl. Rumah Sakit)

– ambil no.antrian

– Daftar di loket 7/8 bagi pasien umum. Bila sebelumnya pernah berobat di RSHS, jangan lupa membawa kartu berobat yg ada no. Rekam Medik. Biaya pendaftaran 20.000.

– Langsung masuk lurus, tepat di pertigaan lorong, depan apotek, ada poli Karyawan/MCU. Masuk dan daftar untuk MCU.

– Isi formulir yang disediakan.

– anda akan diberikan pengantar foto dan lab. Untuk foto, anda menuju ke bagian Radiologi (ke kiri dari apotik) dan untuk lab, anda menuju ke bagian patologi klinik (ke kanan dari apotik).

– Untuk foto dada, anda harus daftar dulu di loket radiologi, dengan membawa pengantar dan kartu berobat tadi. Biaya foto sekitar 60rb

– setelah mendaftar, anda berjalan lurus masuk, tunggu di depan kamar 7. Setelah foto, anda langsung menuju ke laboratorium.

– anda kembali harus mendaftar di loket lab. Dengan membawa formulir lab dan kartu berobat. Biaya pemeriksaan sekitar 155.000.

– Selanjutnya, anda harus ke kamar 1 untuk mengambil urine kontainer, dan menyerahakan sampel kencing. Sampel kencing yg diambil sebaiknya “mid stream”, artinya ambil kencing pada arus tengah. Biarkan kencing keluar beberapa detik, ambil bagian tengahnya, tidak perlu mengumpulkan sampai penuh.

– Selanjutnya, ke kamar 5 untuk pengambilan darah.

– Setelah pengambilan darah, anda boleh pulang, dan makan.

Hari Kedua

– bawa seluruh kwitansi pembayaran hari sebelumnya. Anda langsung mengambil hasil foto di radiologi dan hasil darah di patologi klinik dgn menunjukkan bukti pembayaran.

– Seluruh hasil di bawa ke poli MCU, dan serahkan kepada petugas.

– Petugas akan mengambil formulir isian pemeriksaan fisik yg sehari sebelumnya telah anda isi, dan menyerahkan kertas pengantar pembayaran pemeriksaan fisik.

– pengantar tersebut anda bawa ke loket pendaftaran THT. Dari pintu keluar poli MCU, langsung belok kiri, kemudian langsung kiri lagi, naik tangga ke lt.2 cari lotek THT. Biaya penfataran 20rb.

– setelah membayar, anda kembali ke poli MCU untuk menunggu panggilan pemeriksaan fisik.

– Hasil resume pemeriksaan MCU biasanya dapat diambil 1 minggu kemudian.

Semoga bermanfaat…

*sambil menulis ini, saya memimpikan, adanya perubahan sistem pelayanan di RSHS. Sangat tidak efektif bila kita harus bolak-balik di 4 loket pembayaran. Bila saja semua dilayani di satu pintu, maka akan lebih efektif.

About Hasan

manusia biasa yang punya cita-cita tak biasa... Meski telah nomaden dan merasakan hidup di Manado, Gorontalo, Yogya, Bandung dan Semarang, masih punya impian menikmati Karunia Ilahi berupa Alam Indonesia yang luas... Melalui blog ini, beberapa cuplikan pengalaman, pengtahuan, harapan hidup saya ingin ku bagi...Semoga bermanfaat!!

Posted on December 3, 2010, in CPNS, Dokter, kerja, Rumah Sakit, TIPS and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Waduh dulu saya dimintai 400rb untuk Tes Kesehatan CPNS… btw Selamat bertugas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: